Belajar Adalah Suatu Proses

Pada uraian diatas merupakan salah satu wujud prestasi dalam ranah kognitif. Sedangkan prestasi siswa dalam ranah afektif dapat dilihat dari ucapan ataupun tindakannya, begitu juga dalam ranah psikomotorik prestasi siswa dapat dilihat jika peserta didik telah melakukan suatu tindakan yang dapat dilihat. 
 
Dengan demikian jelaslah kiranya, bahwa ”hasil belajar” mempunyai pengetian yang hampir sama dengan ”prestasi” (performance) di dalam prestasi hasil belajar menampakkan diri. Selama potensi atau kemampuan internal tidak diwujudkan dalam suatu bentuk perilaku, sulitlah diperoleh kepastian tentang apa yang dipelajari. Prestasi belajar dapat diartikan juga sebagai hasil usaha. 
 
Cooperative mengandung pengertian bekerja bersama (Hamid Hasan, 1996). Dalam kegiatan kooperatif, siswa secara individual mencari hasil yang menguntungkan bagi seluruh anggota kelompoknya. 
 
Jadi, teori belajar kooperatif adalah pemanfaatan kelompok kecil dalam pengajaran yang memungkinkan siswa bekerja bersama untuk memaksimalkan belajar mereka dan belajar anggota lainnya dalam kelompok tersebut (Johnson, et al., 1994; Hamid Hasan, 1996). Sehubungan dengan pengertian tersebut, Slavin (1983) mengatakan bahwa Cooperative Learning adalah suatu pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari 4 sampai 6 orang, dengan struktur kelompoknya yang bersifat heterogen. Selanjutnya dikatakan pula, keberhasilan belajar kelompok tergantung pada kemampuan aktivitas anggota kelompok, baik secara individual maupun kelompok.
 
Kecakapan berpikir adalah salah satu aspek kecakapan hidup yang benar-benar perlu dilihat dan dikembangkan melalui proses pendidikan. Seseorang berpikir keterampilan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga belajar menjadi dasar seseorang berpikir pengembangan keterampilan. 
 
Ada suatu pendapat lain tentang belajar yang dikemukakan oleh Mahmud (2012: 61) bahwa belajar adalah suatu proses yang akan dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungan mereka.